“PUISI CINTA ADALAH KIMIA”
SEBUAH SOLUSI PEMBELAJARAN DARING SELAMA COVID-19
Semenjak mewabah di sejumlah negara, kata Corona dan Covid-19 kian sering terdengar di telinga masyarakat. Merebaknya wabah covid-19 menjadikan banyak perubahan kebijakan, WFH (work from home) atau bekerja dari rumah merupakan salah satu kebijakan yang diambil pemerintah untuk mencegah semakin meluasnya wabah yang disebabkan oleh virus yang memiliki nama yang cantik tersebut. Tak terkecuali sektor pendidikan.
Maraknya istilah belajar daring atau belajar dalam jaringan menjadikan guru harus mengubah cara mengajar dari manual menjadi digital. Kebijakan WFH dalam menghadapi masa tanggap penyebaran COVID-19 membuat para guru harus berinovasi memberikan pembelajaran daring yang menyenangkan dan mudah dipahami.
Berdasarkan hasil pengamatan penulis sebagai guru kimia SMAN 2 Purwokerto, pembelajaran daring yang dilaksanakan sebagian besar bapak ibu guru masih sebatas pemberian materi dan pemberian soal secara satu arah melalui grup whattshap, google classroom maupun google form. Hal ini terlihat dari respon dan komentar peserta didik dalam grup whattsappnya. Pembelajaran daring yang berlangsung masih teacher centered.
Pembelajaran teacher centered melalui daring ini tidak sesuai dengan perubahan paradigma pembelajaran, yaitu peserta didik dituntut untuk lebih aktif, kreatif dan inovatif selama proses pembelajaran. Pembelajaran harus student centered, dimana peserta didik diposisikan sebagai subyek belajar dan guru sebagai fasilitator. Adanya perubahan paradigma proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik diharapkan mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam membangun pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Menurut Munif Chatif (2012) dalam strategi pembelajaran, saat guru mengajar belum tentu peserta didiknya belajar. Ketika peserta didik banyak melakukan aktivitas, itulah sebenarnya saat peserta didik belajar. Hal ini sejalan dengan anjuran bapak Ganjar Pranowo, Gubernur Provinsi Jawa Tengah bahwa pembelajaran daring selama musibah Covid-19 ini harus dilaksanakan secara menyenangkan dan tidak memberatkan. Selain itu guru juga harus menumbuhkan karakter yang positif.
Pembelajaran yang menyenangkan sekaligus dapat menumbuhkan karakter positif dapat terwujud apabila pembelajaran dilaksanakan secara student centered. Oleh karena itu, sebagai guru kimia perlu melaksanakan pembelajaran daring yang bersumber pada peserta didik selama musibah covid-19. Pembelajaran ini menuntut guru untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasinya dalam mewujudkan pembelajaran yang diharapkan. Pembelajaran kimia sangat memungkinkan dilaksanakan secara menyenangkan dan menumbuhkan karakter positif. Hal ini sesuai dengan salah satu kompetensi inti yang harus dikuasai oleh guru yaitu Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
Pembelajaran daring mata pelajaran kimia selama musibah covid-19 yang dapat dilaksanakan dengan menyenangkan sekaligus menumbuhkan karakter positif adalah media pembelajaran Puisi Cinta adalah Kimia. Media pembelajaran ini berupa selembar kertas yang memuat kata-kata kimia, kosa kata pada mata pelajaran kimia, dan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran kimia yang dinarasikan dalam bentuk puisi. Puisi ini ditulis dengan mengembangkan imajinasi peserta didik dalam memahami materi kimia yang dihubungkan dengan dunia nyata, khususnya dunia remaja. Dengan membuat media Puisi Cinta adalah Kimia, maka peserta didik akan berkreasi dan berinovasi dalam mewujudkan hasilnya sebaik dan seindah mungkin. Dengan kreasi dan inovasi yang dimiliki sesuai keinginannya, maka peserta didik akan merasa senang mengerjakannya. Dengan menyalurkan kreativitasnya, maka peserta didik dapat mengembangkan potensi dan inovasinya dalam belajar kimia, dengan rasa ingin tahu yang tinggi, tanggung jawab yang besar, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif, serta mampu berkomunikasi dengan bahasa tulisan secara baik. Hal ini sejalan dengan pernyataan Roekel (2012) bahwa ada hubungan antara kreativitas dan inovasi. Hubungan tersebut terdiri dari tiga tahap, berfikir kreatif, bekerja kreatif, dan melaksanakan pekerjaan dengan inovasi baru. Dengan demikian, tujuan pembelajaran kimia dengan media Puisi Cinta adalah Kimia dapat tercapai.
Setelah melaksanakan pembelajaran daring kimia dengan media Puisi Cinta adalah Kimia kepada peserta didik di SMAN 2 Purwokerto, ternyata mampu menumbuhkan karakter positif dan berlangsung menyenangkan. Dibuktikan dengan respon dan komentar yang disampaikan oleh peserta didik dalam grup whatshapp mata pelajaran. Hal ini sejalan dengan anjuran pemerintah, bahwa kita disarankan untuk tetap di dalam rumah selama musibah covid-19, namun kita dapat belajar dan bekerja dari rumah. Berdasarkan uraian ini maka dapat disimpulkan bahwa Puisi Cinta adalah Kimia dapat menjadi sebuah solusi covid-19 selama pembelajaran daring.
Berikut ini disajikan contoh sebuah puisi yang tercantum dalam buku edisi perdana penulis dengan judul:
SISWA KELAS KIMIAKU
Saat mentari pagi menjelang…
Ingin kuberlari menjumpai
Sesaat sebelum hiruk pikuk itu datang
Waktu yang begitu “manis” kulewati
Apalah daya, engkau adalah milik semua orang
Ketika engkau dan aku bersama…
Elok nian ruang kelas kita
Luas ilmu kita selami bersama lewat dunia maya
Aksara engkau pahatkan dalam untaian kata
Senandung engkau dendangkan laksana embun yang jatuh membasahi dahaga
Kita adalah mutiara “nan” elok gemerlapnya…
Indah dalam pandangan hiruk-pikuk dunia
Meniti hari menyelami kehidupan yang sarat makna
Ilmu sebagai arah jalan menuju bahagia
Akhlak sebagai tameng dosa
Ketrampilan sebagai gerak tak berbatas
Untuk kemajuan negeri dan kemakmuran bangsa
Dengan berpuisi, mari kita putus penyebaran covid-19 dengan stay at home, tetap berkreasi dan berinovasi.
Penulis : WIKANTI NUR AMALIYAH, S.Si, M.Eng
Guru Kimia SMAN 2 Purwokerto
Tulisan Lainnya
Siswa Berprestasi
Salah satu siswi kelas X SMA Negeri 2 Purwokerto kembali mengharumkan nama sekolah yang berdiri sejak 1950. Pasalnya, ia berhasil menggaet kejuaraan Panahan pada POPDA kali ini yang dis
Smada Expo 2024: Anggaraksa, Tongkat Pelindung Prestasi
SMA Negeri 2 Purwokerto merayakan usia ke-74 dengan kebanggaan yang tak terbendung pada Jumat, 1 Maret 2024. Saatnya Smada Expo menghiasi sekolah dengan megah, dalam nama Anggaraksa, da
Literasi Seni Smada
Hampir semua kalangan usia menyukai musik, terlebih lagi para kaum remaja yang terkadang menghabiskan waktunya untuk mendengarkan musik, memainkan alat musik, ataupun juga bernyanyi lag
Borong Kejuaraan POPDA Panahan
Senin, 26 Februari 2024 SMA Negeri 2 Purwokerto berhasil menyabet juara panahan pada event POPDA. Rayfan Tsaqif Ghathfan Lhatif, siswa kelas XI-5 memenangkan beberapa kategori panahan,
TIM BOLA TANGAN PUTRA SMADA
Selamat atas kejuaraan yang diraih Tim Bola Tangan Putra SMA N 2 Purwokerto. Tim Bola Tangan Putra yang di bina oleh Bpk. Yanuar Dian Pradana. S.Pd meraih Juara 1 pada ajang kejuaraan
Tim Bola Tangan Putri Kembali Torehkan Prestasi
Selamat atas kejuaraan yang diraih Tim Bola Tangan Putri SMA N 2 Purwokerto. Tim Bola Tangan Putri yang di bina oleh Bpk. Yanuar Dian Pradana. S.Pd meraih Juara 1 dalam Rangka Kejuaraa
KEJUARAAN BOLA TANGAN PRA POPDA
Siswa SMA Negeri 2 Purwokerto meraih kejuaraan pada ajang pra Popda Bola Tangan Banyumas antar SMA yang diselenggarakan di Gor Satria Purwokerto pada tanggal 25-26 November 2023.
Portue Bandung Championship 2023.
Alhamdulillah, Nafisa Firly Amalia dapat 2 medali emas pada kejuaraan Portue Bandung Championship 2023. Divisi Panahan Compound U17 Putri.Terima kasih Bpk/Ibu guru dan teman2 Nafisa di
PROGRAM PENDIDIKAN REMAJA SEBAYA DUTA SEKOLAH SEHAT
Pada Hari Kamis, 12 Oktober 2023 lalu, SMA Negeri 2 Purwokerto melaksanakan Program Penddikan Remaja yang diikuti oleh siswa-siswi SMA Negeri 2 Purwokerto yang terpilih sebagai Duta Sek
LITERASI AGAMA
Salah satu program gerakan literasi sekolah yang rutin diselenggarakan oleh SMA Negeri 2 Purwokerto adalah literasi agama. Literasi agama ini dilakukan dengan membaca alquran bagi yang